Senin, 26 April 2004

Liga Divisi II Dimulai Hari Ini

TEMPO INTERAKTIF - Persikab Kabupaten Bandung akan bertanding melawan Gajah Tunggal dalam pembukaan Liga Sepak Bola Indonesia Divisi II di Stadion Sangkuriang, Cimahi, hari ini. Sekretaris Jenderal PSSI, Nugaraha Besoes, mengatakan bahwa pembukaan kompetisi itu bertepatan dengan peresmian stadion markas Persikab, yang selesai direnovasi.

Semula, kompetisi Divisi II akan dimulai pada Sabtu (23/4), tapi PSSI menundanya tiga hari karena ada Konferensi Asia-Afrika, 22-24 April. Menurut rencana, kompetisi akan dibuka oleh Ketua Umum KONI Pusat Agum Gumelar dan Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI Agusman Effendi.

Kompetisi Divisi II akan diikuti 24 klub yang dibagi dalam empat wilayah. Babak penyisihan menggunakan sistem home tournament sehingga setiap klub hanya bertemu sekali. Juara wilayah dan runner-up akan melaju ke babak delapan besar yang dibagi lagi menjadi dua grup. Grup pertama akan ditempati juara Wilayah I, runner-up Wilayah II, juara Wilayah III, dan runner-up Wilayah IV. Sedangkan grup dua terdiri dari runner-up Wilayah I, juara Wilayah II, runner-up Wilayah III, dan juara Wilayah IV.

Direktur Kompetisi PSSI Achawani mengatakan, juara dan runner-up masing-masing grup babak delapan besar ini akan promosi ke Divisi I. Sedangkan urutan keenam di babak penyisihan dari masing-masing wilayah terdegradasi ke Divisi III. "Semua yang lolos ke babak delapan besar, plus urutan ketiga di masing-masing wilayah pada babak penyisihan berhak mengikuti Piala Indonesia yang sesuai dengan rencana akan dimulai 15 Mei," kata Achawani.

PSSI sudah menunjuk tuan rumah masing-masing wilayah untuk babak penyisihan. Babak penyisihan akan berlangsung setiap hari mulai 26 April-11 Mei. Masa istirahat hanya 4 Mei. Babak delapan besar juga akan menggunakan sistem setengah kompetisi.

Wilayah I terdiri dari PS Medan Jaya, PSKPS Padang Sidempuan, PS Bengkulu, PSP Padang, Persikomet Kota Metro, dan Persijam Jambi. PSSI menunjuk PSKPS Padang Sidempuan sebagai tuan rumah. Wilayah II terdiri dari Persikab Kabupaten Bandung, Perserang Kabupaten Serang, PS Gajah Tunggal, PSB Bogor, PSJS Jakarta Selatan, dan Persikasi Kabupaten Bekasi. Persikab bertindak sebagai tuan rumah.

Untuk Wilayah III, tuan rumahnya adalah Persiku Kudus dengan peserta Persik Kuningan, Persis Solo, Persipro Probolinggo, PS Ngada, Persaka Karangasem, dan Persiku. Sedangkan Wilayah IV terdiri dari PS Putra Samarinda, Persikubar Kutai Barat, Persekaban Kabupaten Panjar, Persiss Sorong, Persipare-pare, dan Persega Galela. Pertandingan akan dilaksanakan di kandang Persipare-pare. yandi mr